Sebagai bentuk penerapan Perencanaan Berbasis Data (PBD) melalui platform, Kemendikbudristek menyediakan halaman hasil capaian sesuai Rapor Pendidikan yang dapat Anda unduh melalui Platform.

Jika sebelumnya hasil unduh akan mendapat 3 (tiga) file berbeda, kini hanya ada satu hasil file unduh dengan enam bagian dan bisa Anda pelajari: 

 

 

  1. Laporan Rapor: Berisi keseluruhan indikator dan nilai yang dicapai oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Badan Pusat Statistik (BPS), data aplikasi untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), ARKAS, dan Tracer Study (khusus data jenjang SMK).

hasil unduh 1.png

 

  1. Panduan Membaca PBD: Berisi panduan atau tata cara untuk membaca daftar indikator, kategori capaian, nilai capaian, akar masalah atau rekomendasi program yang ada pada lembar prioritas rekomendasi dan seluruh rekomendasi.

hasil unduh 2.png

 

  1. Prioritas Rekomendasi: Berisi 12 (16 untuk SMK)  AKAR MASALAH UTAMA berdasarkan nilai terendah dari indikator prioritas level 1, lembar ini juga bertujuan untuk memandu Satuan Pendidikan mengidentifikasi prioritas masalah, merefleksikan akarnya, dan menentukan strategi untuk pembenahan. Pada halaman ini, urutan Akar Masalah setiap Satuan Pendidikan akan berbeda beda sesuai dengan hasil Rapor Pendidikan masing - masing. 

hasil unduh 3.png

 

  1. Seluruh Rekomendasi: Berisi seluruh akar masalah yang diurutkan berdasarkan nilai terendah dari masing-masing indikator prioritas level 1, lembar ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang masalah yang ada di satuan pendidikan, detail akar masalah, serta cara membenahi masalah tersebut. Dimana daftar ini juga bisa menjadi rekomendasi kegiatan yang tidak ada pada lembar Prioritas Rekomendasi.

hasil unduh 4.png

  1. Lembar Kerja Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang merupakan halaman hasil pembaruan: berisikan kolom-kolom untuk mencatat identifikasi masalah, akar masalah, program, dan kegiatan yang direncanakan untuk dilakukan tahun mendatang. Pada kolom Benahi, Kegiatan, Penjelasan Kegiatan dapat langsung dipindah ke Lembar Kerja ARKAS (hanya untuk kegiatan yang membutuhkan biaya).  

hasil unduh 5.png

 

  1. Lembar Kerja ARKAS: Berisikan kolom-kolom yang dapat diisi oleh satuan pendidikan dan dapat dijadikan rujukan saat menginput rencana kegiatan dan anggaran (RKAS) kedalam ARKAS.

hasil unduh 6.png

Ketika satuan pendidikan ingin memasukkan RKT-nya kedalam ARKAS, apakah perlu untuk mengunduh dan menginstall ARKAS terlebih dahulu?

Untuk memasukkan RKT kedalam ARKAS satuan pendidikandiharuskan untuk mengunduh dan menginstall ARKAS ke komputer milik mereka, Anda dapat melihat panduan cara mengunduh dan menginstall ARKAS di sini

Apakah tahapan dalam perumusan identifikasi, refleksi, dan benahi dapat digunakan sebagai referensi dalam menyusun Perencanaan Berbasis Data (PBD) satuan pendidikannya?

Satuan pendidikan dapat menjadikan 3 tahapan tersebut sebagai referensi dalam menyusun Perencanaan Berbasis Data (PBD) satuan pendidikannya, dengan cara: 

  1. Memilih satu masalah dari daftar identifikasi pada lembar prioritas rekomendasi.
  2. Memilih satu akar masalah yang menyebabkan masalah itu terjadi dari daftar refleksi
  3. Memilih satu atau lebih kegiatan dari daftar benahi berdasarkan akar masalah tersebut.
Apa yang perlu saya lakukan apabila saya masih memiliki kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) di satuan pendidikan saya?

Anda dapat menghubungi nomor Whatsapp Helpdesk PBD berikut 081281435091 untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut terkait Perencanaan Berbasis Data

Sebelumnya
Selanjutnya
10450006120217

Komentar

1 comment

  • SARNEN

    sangat membantu

    0

Please sign in to leave a comment.