Pada dasarnya terdapat 3 cara untuk melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK dan SLB), yakni: 

  1. Melakukan PBD melalui eksplorasi dashboard platform Rapor Pendidikan
  2. Melakukan PBD melalui unduhan rekomendasi PBD
  3. Melakukan PBD dengan menganalisis unduhan Laporan Rapor Pendidikan

(klik untuk melihat video panduan PBD)

Tahap 1 : Identifikasi untuk memilih dan menetapkan masalah

Anda akan menemukan 6 indikator prioritas untuk Dasmen dan 8 indikator prioritas untuk SMK saat membuka halaman ringkasan Rapor Pendidikan

Proses identifikasi dapat dilakukan dengan 4 cara yaitu:

1. Anda dapat memilih indikator-indikator dengan label capain yang paling rendah dengan urutan sebagai berikut: berwarna merah, kuning dan hijau

 

2. Jika terdapat 2 label capaian dengan warna yang sama Anda dapat memilih indikator mana yang lebih membutuhkan intervensi dengan melihat detail Peringkat/Kuintil yang lebih rendah: Misalnya, Anda dapat memilih Peringkat menengah bawah (61-80%) atau Peringkat menengah (41-60%)

3. Jika pada peringkat/Kuintil masih memiliki nilai yang sama. Anda dapat memilih Indikator mana yang lebih membutuhkan intervensi/perbaikan dengan melihat delta atau kenaikan/penurunan capaian dengan prioritas sebagai berikut, yakni Penurunan yang paling tinggi, atau Kenaikan yang paling rendah

4. Pada tahap terakhir jika pada delta masih memiliki nilai yang sama, Anda dapat membandingkan skor capaian dengan klik ‘Apa arti capaian saya?’, dan dilanjutkan dengan memilih indikator yang memiliki skor lebih rendah

Tahap 2 : Memilih Akar Masalah

1. Dari masalah yang dipilih, klik ‘Pelajari akar masalah’. Anda akan melihat 4 kartu akar masalah dari indikator level 1 dan level 2 yang menyertainya.  Perlu diketahui basis/dasar untuk melakukan perbaikan pada indikator prioritas atau akar masalah adalah:

- Sumber daya satuan pendidikan

- Anggaran yang dimiliki oleh satuan pendidikan

- Kondisi dari masing-masing satuan pendidikan

2. Kemudian, pilih indikator level 2 dari indikator level 1 yang sudah Anda pilih menjadi masalah, karena Indikator level 2 tersebut juga merupakan akar masalah

3. Lalu, Anda dapat melihat 3 kartu akar masalah yang terdapat di bagian bawah. Kartu-kartu tersebut sudah diurutkan berdasarkan indikator-indikator yang paling membutuhkan intervensi.

Tahap 3 : Merumuskan Benahi

Ketika akan memulai untuk merumuskan Benahi, Anda dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Dari akar masalah yang sudah dipilih, baik dari level 1 maupun level 2 Anda dapat merumuskan benahi dengan melihat Inspirasi Benahi yang ada di bagian bawah halaman Ringkasan

2. Anda dapat memilih sebagian atau seluruh inspirasi kegiatan benahi.

Selanjutnya, Anda dapat mempelajari inspirasi kegiatan benahi dengan klik tombol “Lihat di Merdeka Mengajar”

 

Tahap 4 : Memasukkan detail IRB ke dalam dokumen RKT 

Setelah selesai merumuskan Benahi, Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni memasukkan ke dalam dokumen RKT. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Memindahkan hasil dari tahap 1, 2, dan 3 ke dalam dokumen RKT seperti yang terlihat di format berikut (Anda dapat membuat secara mandiri Lembar RKT sesuai dengan format berikut)

2. Satuan pendidikan melakukan reviu dokumen RKT yang sudah lengkap, hasil reviu dapat berupa penambahan atau pengurangan.

Catatan! Anda dapat membuat secara mandiri Lembar RKT sesuai dengan format tabel di atas

 

Tahap 5 : Memasukkan detail IRB ke dalam lembar kerja ARKAS

Kegiatan yang dimasukkan ke dalam Lembar Kerja ARKAS merupakan kegiatan yang membutuhkan anggaran untuk pelaksanaannya

1. Pindahkan kolom inspirasi kegiatan benahi yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Benahi di lembar kerja ARKAS

2. Pindahkan contoh kegiatan ARKAS yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Kegiatan di lembar kerja ARKAS. Anda juga perlu mengisi Kolom Penjelasan Kegiatan dengan rincian kegiatan apa saja yang ingin dilakukan sesuai dengan yang terdapat pada kolom Kegiatan. Selain itu, Anda dapat mengisi kolom Uraian Kegiatan diisi dengan rincian barang dan jasa yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

3. Anda dapat mengisi kolom Jumlah dengan jumlah barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Untuk kolom Satuan berisi satuan barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Kolom Harga Satuan berisi harga per satu satuan (rujukan dapat melihat ke aplikasi SIPlah atau sumber lainnya yang relevan) dan kolom Total berisi perkalian antara jumlah dan harga satuan

Catatan: 

1. Jika jumlah total anggaran melebihi estimasi total anggaran yang dimiliki, maka Anda dapat mengurangi: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan

2. Jika jumlah total anggaran kurang dari estimasi total anggaran yang dimiliki, maka anda dapat menambahkan: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan

3. Jika total anggaran sudah sesuai, di reviu dan disetujui; Anda dapat memasukkan lembar kerja ARKAS ke dalam aplikasi ARKAS

Setelah tahap 5 selesai, Anda sudah memiliki dokumen ARKAS untuk satuan pendidikan Anda.

 

Ketika akan menggunakan cara 2 ini, Anda harus mengunduh lembar rekomendasi PBD yang ada di Rapor Pendidikan satuan pendidikan Anda. Untuk mengunduh lembar Rekomendasi PBD, Anda dapat melakukan:

1. Buka platform Rapor Pendidikan Anda

2. Klik Unduh pada bagian atas platform Rapor Pendidikan, Lalu kemudian Anda akan mendapatkan 1 berkas Excel lembar Laporan Pendidikan dan Rekomendasi PBD

Tahap 1 : Identifikasi untuk memilih dan menetapkan masalah

Setelah berhasil mengunduh data hasil Rapor Pendidikan satuan pendidikan Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan proses identifikasi dan menetapkan masalah.

  1. Buka file/dokumen yang sudah berhasil diunduh dari platform Rapor Pendidikan
  2. Pilih tab Prioritas Rekomendasi
  3. Lihat kolom identifikasi, lalu pilih masalah yang akan menjadi fokus untuk diperbaiki

Catatan:

- Anda dapat menghapus kolom masalah beserta dengan refleksi dan benahi yang tidak Anda pilih.

- Jika ingin menambahkan ‘masalah’ yang tidak muncul atau direkomendasikan pada halaman ‘Prioritas Rekomendasi’, maka Anda dapat mengambil masalah dari halaman 4 “Seluruh Rekomendasi”

 

Tahap 2 : Memilih Akar Masalah

1. Dari masalah yang sudah dipilih di tahap 1, pada tahap 2 ini Anda dapat memilih seluruh atau sebagian akar masalah yang ingin diperbaiki yang terdapat di kolom Refleksi

Catatan:  Anda dapat menghapus Akar masalah yang tidak dipilih bersamaan dengan bagian ‘benahi’-nya

 

Tahap 3 : Memilih Benahi

1. Dari akar masalah yang sudah dipilih di tahap 2, Anda dapat memilih sebagian atau seluruh inspirasi kegiatan benahi yang ingin dilakukan. 

2. Untuk memilih inspirasi kegiatan benahi, Anda dapat mempelajari dari kolom Tautan Referensi Benahi

 

Catatan:

• Inspirasi kegiatan benahi yang tidak dipilih bisa dihapus bersama dengan contoh kegiatan ARKAS

• Dari inspirasi kegiatan benahi yang dipilih, Anda dapat memilih sebagian atau seluruh contoh kegiatan ARKAS

Contoh: Pengisian Lembar Kerja ARKAS dengan Menggunakan Cara 2

Tahap 4 : Memasukkan detail IRB ke dalam lembar kerja ARKAS

Kegiatan yang dimasukkan ke dalam Lembar Kerja ARKAS merupakan kegiatan yang membutuhkan anggaran untuk pelaksanaannya. Berikut merupakan tata cara memasukkan dokumen rencana kerka ke dalam lembar ARKAS

1. Pindahkan kolom inspirasi kegiatan benahi yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Benahi di lembar kerja ARKAS

2.Pindahkan contoh kegiatan ARKAS yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Kegiatan di lembar kerja ARKAS. Anda juga perlu mengisi Kolom Penjelasan Kegiatan dengan rincian kegiatan apa saja yang ingin dilakukan sesuai dengan yang terdapat pada kolom Kegiatan. Selain itu Anda dapat mengisi kolom Uraian Kegiatan diisi dengan rincian barang dan jasa yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

3. Anda dapat mengisi kolom Jumlah dengan jumlah barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Untuk kolom Satuan berisi satuan barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Kolom Harga Satuan berisi harga per satu satuan (rujukan dapat melihat ke aplikasi SIPlah atau sumber lainnya yang relevan) dan kolom Total berisi perkalian antara jumlah dan harga satuan

Catatan: 

  1. Jika jumlah total anggaran melebihi estimasi total anggaran yang dimiliki, maka Anda dapat mengurangi: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan
  2. Jika jumlah total anggaran kurang dari estimasi total anggaran yang dimiliki, maka anda dapat menambahkan: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan
  3. Jika total anggaran sudah sesuai, di reviu dan disetujui; Anda dapat memasukkan lembar kerja ARKAS ke dalam aplikasi ARKAS

Setelah tahap 4 selesai, Anda sudah memiliki dokumen ARKAS untuk satuan pendidikan Anda.

Contoh: Pengisian Lembar Kerja ARKAS dengan Menggunakan Cara 2

 

 

Selain kedua tahap yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda juga dapat melakukan proses PBD ini dengan menggunakan hasil unduhan laporan Rapor Pendidikan. Berikut tahapan yang dapat Anda ikuti:

1. Unduh Laporan Rapor Pendidikan satuan pendidikan Anda pada Unduh Rapor Pendidikan

2. Kemendikbudristek telah memilih 6 indikator prioritas untuk Dasmen dan 8 indikator prioritas untuk SMK yang akan menjadi masalah utama yang akan difokuskan*

 

 

Tahap 1 : Identifikasi untuk memilih dan menetapkan masalah

  1. Lihat detail indikator- indikator prioritas pada lembar Laporan Rapor
  2. Untuk melakukan identifikasi dan menetapkan masalah, Anda dapat memilih indikator-indikator yang dimulai dengan label capain yang paling rendah dengan urutan sebagai berikut; Berwarna merah, Berwarna kuning dan Berwarna hijau
  1. Jika terdapat 2 label capaian yang memiliki label warna yang sama Anda dapat memilih indikator mana yang lebih membutuhkan intervensi dengan melihat detail peringkat/Kuintil yang lebih rendah
  2. Anda juga dapat memilih berdasarkan kenaikan/penurunan skor rapor pada kolom Perubahan Skor dari Tahun Lalu dengan prioritas sebagai berikut; Penurunan paling tinggi, atau Kenaikan yang paling rendah

Jika Pada tahap terakhir pada delta masih memiliki nilai yang sama, Anda dapat membandingkan skor capaian dan dilanjutkan dengan memilih indikator yang memiliki skor lebih rendah. 

Jumlah indikator prioritas akan disesuaikan dengan kemampuan sumber daya dan keuangan dari satuan pendidikan

 

 

Tahap 2 : Memilih akar masalah

  1. Untuk setiap akar masalah yang dipilih, Anda dapat memilih sebagian atau seluruh indikator level 2 dari indikator masalah tersebut.
  2. Pemilihan indikator level 2 yang paling membutuhkan intervensi dilihat dari skor indikator level 2 dari masalah yang dipilih yang memiliki skor paling rendah
  3. Jika terdapat beberapa indikator level 2 yang memiliki skor yang sama, Anda dapat memilih indikator mana yang lebih membutuhkan intervensi dengan melihat detail Peringkat/Kuintil yang lebih rendah
  4. Jika skor sama dan peringkat/kuintil sama, maka Anda dapat melihat indikator level 2 yang memiliki Angka penurunan paling tinggi atau Angka kenaikan paling rendah
  5. Jumlah akar masalah baik indikator level 1 maupun level yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan sumber daya dan keuangan satuan pendidikan

Tahap 3 : Merumuskan Benahi

  1. Pada setiap akar masalah pada level 2, Anda dapat merumuskan kegiatan benahi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan akar masalah tersebut. Setiap akar masalah dapat dirumuskan dengan satu atau lebih kegiatan benahi.
  2. Dari kegiatan benahi yang sudah dirumuskan, Anda dapat memilih kegiatan ARKAS yang nantinya akan dimasukkan dalam platform ARKAS. (referensi kegiatan ARKAS dapat dilihat pada platform ARKAS)
  3. Kegiatan benahi dan kegiatan ARKAS dapat merujuk pada daftar benahi dan kegiatan ARKAS.

Tahap 4 : Memasukkan detail IRB ke dalam Dokumen RKT

1. Setelah menyelesaikan tahap 1, 2 dan 3, maka Anda dapat memasukkan masalah, akar masalah, benahi, dan kegiatan ARKAS ke dalam dokumen RKT, seperti dibawah ini (Anda dapat membuat secara mandiri Lembar RKT sesuai dengan format berikut)

2. Anda dapat melakukan reviu dokumen RKT yang sudah lengkap untuk direvisi jika diperlukan.

Tahap 5 : Memasukkan ke dalam lembar kerja ARKAS

Kegiatan yang dimasukkan ke dalam Lembar Kerja ARKAS merupakan kegiatan yang membutuhkan anggaran untuk pelaksanaannya

1. Pindahkan kolom inspirasi kegiatan benahi yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Benahi di lembar kerja ARKAS

2. Pindahkan contoh kegiatan ARKAS yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Kegiatan di lembar kerja ARKAS. Anda juga perlu mengisi Kolom Penjelasan Kegiatan dengan rincian kegiatan apa saja yang ingin dilakukan sesuai dengan yang terdapat pada kolom Kegiatan. Selain itu Anda dapat mengisi kolom Uraian Kegiatan diisi dengan rincian barang dan jasa yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

3. Anda dapat mengisi kolom Jumlah dengan jumlah barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Untuk kolom Satuan berisi satuan barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Kolom Harga Satuan berisi harga per satu satuan (rujukan dapat melihat ke aplikasi SIPlah atau sumber lainnya yang relevan) dan kolom Total berisi perkalian antara jumlah dan harga satuan

Catatan: 

1. Jika jumlah total anggaran melebihi estimasi total anggaran yang dimiliki, maka Anda dapat mengurangi:

  • Jumlah barang dan jasa
  • Barang dan jasa
  • Kegiatan

2. Jika jumlah total anggaran kurang dari estimasi total anggaran yang dimiliki, maka anda dapat menambahkan:

  • Jumlah barang dan jasa
  • Barang dan jasa
  • Kegiatan

3. Jika total anggaran sudah sesuai, direviu dan disetujui; Anda dapat memasukkan lembar kerja ARKAS ke dalam aplikasi ARKAS

Setelah tahap 5 selesai, Anda sudah memiliki dokumen ARKAS untuk satuan pendidikan Anda.

Contoh:  Pengisian Lembar Kerja ARKAS dengan Menggunakan Cara 3

Sebelumnya
Selanjutnya
18212476784025

Komentar

4 comments

  • KASIADI, S.Ag., M.Pd.

    ini sudah 3T Tepat Teratur Teratasi semua kebutuhan pendidikan yang berkualitas dalam mengembangkan potensi murid menuju masa depan yang cemerlang untuk membangun bangsa dan negara yang gemilang

     

    0
  • kuni (Admin)

    Dear Bapak/Ibu KASIADI, S.Ag., M.Pd.

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0
  • KASIADI, S.Ag., M.Pd.

    Sangat bermanfaat bagi kami

    0
  • kuni (Admin)

    Dear Bapak/Ibu KASIADI, S.Ag., M.Pd.

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0

Please sign in to leave a comment.