Portal Satu Data

Portal Satu Data adalah media resmi hasil pengembangan inisiatif yang dilakukan oleh Satu Data Indonesia dan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk menyajikan data secara resmi dan tervalidasi.

Portal Satu Data hadir untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, menyeluruh, dapat dipertanggung jawabkan, dapat dibagikan dan digunakan sesuai ketentuan yang berlaku

Laman Pada Portal Satu Data

Portal Satu Data memiliki lima laman sebagai berikut:

1. Dataset / Statistik

Laman Dataset merupakan konsolidasi semua data statistik resmi dari Kemdikbudristek untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dasmen) dimana data nya akan dibagi sesuai jenjang seperti SD, SMP, SMA dan SMK.

Data tersebut akan diperbarui setiap tahun nya pada akhir bulan November (contoh: tahun ajaran 2022/2023, datanya diperbarui pada akhir November 2022).

Untuk data Pendidikan Tinggi dapat merujuk pada https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/dikti.

2. Publikasi

Laman Publikasi merupakan kumpulan dari seluruh buku publikasi berupa laporan atau studi tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang dikeluarkan secara resmi oleh Kemdikbudristek. Seluruh buku publikasi yang tersedia dapat diunduh untuk dipergunakan atau disebarluaskan oleh publik.

3. Data Induk Satuan Pendidikan

Laman Data Induk menyajikan data induk dari satuan pendidikan untuk jenjang PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah seperti kode NPSN, Nama Satuan Pendidikan, status satuan pendidikan (Negeri/Swasta), bentuk satuan pendidikan (Dikdas/Dikmen/dll) hingga alamat satuan pendidikan. 

Data pada laman ini juga akan diperbarui secara real-time.

4. Laman Data Induk Badan Penyelenggara (Yayasan)

Laman Data Induk Badan Penyelenggara atau Yayasan pada Portal Satu Data menyajikan data induk dari sebuah yayasan. Data induk akan dibagi sesuai dengan Provinsi, kemudian setiap Provinsi dapat membagi menjadi kabupaten atau kota hingga kecamatan sesuai daerah kewenangannya.

 

5. Metadata

Laman metadata menyajikan Standar Data dan Metadata dari Data Induk Satuan Pendidikan untuk PAUD DIKDASMEN.

Standar Data adalah standar yang mendasari Data tertentu. Informasi yang disajikan untuk standar data termasuk uraian mengenai konsep, definisi, klasifikasi, unit dan ukuran untuk data satuan pendidikan.

Metadata adalah informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan Data, menjelaskan Data, serta memudahkan pencarian, penggunaan, dan pengelolaan informasi Data. Informasi yang disajikan untuk metadata termasuk kelas objek, sub kelas objek, nama variabel, alias, definisi, referensi pemilihan, referensi waktu, tipe data, klasifikasi isian, aturan validasi, kalimat pertanyaan dan akses untuk publik.

6. Dasbor Platform Prioritas

Platform Prioritas merupakan layanan berbasis digital dan dikembangkan untuk mendukung program prioritas Kemendikbudristek. 

Dasbor ini akan menampilkan hasil capaian dan kondisi terkini dari berbagai platform yang telah dikembangkan oleh Kemdikbudristek. Data yang ditampilkan dalam dasbor ini bersifat terbatas dan hanya bisa diakses sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Anda dapat mengakses dasbor platform prioritas dengan cara:

  1. Mengisi form pengajuan akses pada link berikut ini dan pastikan untuk melengkapinya dengan data diri peminta akses serta informasi akses dasbor yang diinginkan
  2. Tim Satu Data akan melakukan validasi terkait dengan permintaan akses dan melakukan konfirmasi jika diperlukan

Email konfirmasi permintaan akses yang diajukan akan dikirimkan maksimal 14 hari kalender

melalui email satu-data-portal@wartek.belajar.id

Tanya Jawab

Bagaimana jika saya menemukan data yang kurang sesuai? Kemana saya harus melapor?

Jika terdapat data yang kurang sesuai, Anda dapat melaporkan dengan menyertakan tangkap layar (screenshot), deskripsi, dan keterangan selengkap-lengkapnya melalui Email pengaduan@kemdikbud.go.id dengan subject “Perbaikan Data” 

Bagaimana jika saya ingin mengajukan permohonan dan integrasi data Kemendikbudristek pada Portal Satu Data?

Tim Kemendikbudristek terbuka untuk masukan terkait data yang dibutuhkan oleh publik, lembaga riset, maupun Kementerian dan Lembaga yang membutuhkan data dari Kemendikbudristek. Kebutuhan tersebut bisa disampaikan melalui email ke satu-data-portal@wartek.belajar.id dengan subject “Permohonan Data”

Dari mana sumber data yang tertera pada Portal Satu Data Kemendikbudristek? 

Data pada Portal Satu Data didapatkan dari hasil pengolahan dan penyajian data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dilakukan oleh tim Pusdatin Kemendikbudristek.

Bagaimana jika saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Portal Satu Data Kemendikbudristek dan cara menggunakannya?

Penjelasan terkait data serta panduan untuk menggunakan seluruh fitur pada Portal Satu Data Kemendikbudristek yang lengkap dapat diakses melalui tautan ini.

 

Panduan Pengguna Portal Satu Data dapat dilihat disini

Sebelumnya
Selanjutnya
26579557341849

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.