Perencanaan Berbasis Data (PBD) dilakukan pada tingkat pemerintah daerah dan satuan pendidikan. Dimana bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan menggunakan anggaran satuan pendidikan.
Perencanaan Berbasis Data (PBD) satuan pendidikan sendiri dibagi menjadi 2, yakni: 

  1. Perencanaan Berbasis Data (PBD) Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen)
  2. Perencanaan Berbasis Data (PBD) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

 

A. Perencanaan Berbasis Data (Perencanaan Berbasis Data (PBD) Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen)

Perencanaan Berbasis Data (PBD) memiliki urgensi agar satuan pendidikan dapat melaksanakan program dan pengadaan yang tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikannya. Dalam menyusun Perencanaan Berbasis Data, satuan pendidikan dapat merujuk pada capaian di lima dimensi Rapor Pendidikan, yaitu: 

1. Output, kualitas capaian pembelajaran siswa

  • Dimensi A: Mutu dan relevansi hasil belajar siswa
  • Dimensi B: Pemerataan pendidikan yang bermutu

2. Proses, Kualitas Proses Belajar Siswa

  • Dimensi D: Mutu dan relevansi pembelajaran

3. Input, Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sekolah

  • Dimensi C: Kompetensi dan kinerja PTK
  • Dimensi E: Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

Tahapan_pbd_dikdasmen_for_Zendesk.jpg

 

Dari seluruh indikator yang ada di Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek mengusulkan 5 indikator prioritas untuk jenjang Dikdasmen sebagai fokus awal untuk perbaikan satuan pendidikan. untuk detail indikator Anda dapat melihat dengan lengkap di materi ini

 

Tanya-Jawab

Apakah Perencanaan Berbasis Data dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan rencana anggaran kegiatan sekolah (ARKAS)?

Bisa. ARKAS (RKAS) adalah salah satu dokumen yang merupakan hasil dari proses perencanaan berbasis data. Hasil perencanaan berbasis data dapat digunakan untuk RKAS yang sedang berjalan (revisi RKAS) atau RKAS di tahun berikutnya.

Bagaimana satuan pendidikan atau dinas pendidikan membuat rencana kegiatan berdasarkan Perencanaan Berbasis Data dari hasil dari Rapor Pendidikan?

Satuan Pendidikan dapat membuat rencana kegiatan dengan tahapan berikut: 

  • Satuan pendidikan mengunduh Rapor Pendidikan, melakukan identifikasi  dan memilih indikator mana yang akan diperbaiki di satu tahun ke depan
  • Indikator yang terpilih dan dianggap masih bermasalah, kemudian akan dilakukan refleksi untuk menemukan akar masalah
  • Dari masing masing akar masalah dirumuskan solusi untuk membenahinya dalam bentuk program dan kegiatan
  • Program dan kegiatan dimasukkan dalam dokumen perencanaan baik rencana kegiatan tahunan (RKT) maupun rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS)
Seberapa penting data hasil Rapor Pendidikan untuk kemudian digunakan dalam Perencanaan Berbasis Data oleh satuan pendidikan atau dinas pendidikan?

Salah satu perubahan mendasar perencanaan berbasis data baik untuk perencanaan satuan pendidikan maupun dinas pendidikan adalah penggunaan Rapor Pendidikan sebagai sumber data utama. Rapor Pendidikan memuat data yang sangat kaya, komprehensif, dan fokus pada hal substansial akan menjadi sumber data yang sangat penting dalam perencanaan berbasis data.

Apakah saya sebagai kepala satuan pendidikan bisa memperbaiki kemampuan numerasi siswa di sekolah saya dengan menggunakan Perencanaan Berbasis Data (PBD) ini?

Bisa, melalui Perencanaan Berbasis Data (PBD) sebagai kepala satuan pendidikan dibantu oleh guru serta tenaga kependidikan lainnya dapat bergotong-royong untuk membenahi kualitas di satuan pendidikan Anda. Detail langkah-langkah dapat Anda unduh untuk kemudian dipelajari dan dieksekusi langsung

Apa yang harus  dilakukan dan dibenahi jika ada indikator di satuan pendidikan saya yang berwarna merah atau dibawah capaian?

Jika ada indikator satuan pendidikan Anda yang berwarna merah atau dibawah capaian, Anda dapat mulai membenahinya dengan menggunakan fitur Perencanaan Berbasis Data (PBD). Anda dapat melihat detail permasalahan pada ringkasan kualitas satuan pendidikan, kemudian prosesnya dapat dilanjutkan melalui menu Tindak Lanjut dan mengunduh Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Apakah melalui fitur Perencanaan Berbasis Data (PBD) dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam memetakan indikator-indikator yang capaiannya kurang untuk diperbaiki di satuan pendidikannya?

Bisa, fiturPerencanaan Berbasis Data (PBD) memang diciptakan untuk memudahkan Tenaga Pendidikan agar lebih cepat dan mudah dalam mengidentifikasi masalah dan merefleksikan akar masalah serta membenahi kualitas pendidikan dengan rekomendasi langkah konkret sesuai kebutuhan masing-masing satuan pendidikan.

Bagaimana cara saya mendapatkan dan menerapkan rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) untuk satuan pendidikan saya?

Anda dapat melihat panduan berikut untuk mendapatkan dan menerapkan rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Sebelumnya
Selanjutnya
6560984159257

Komentar

5 comments

  • fransiscasetyaningsih34

    sangat membantu

    0
  • I Gede Setya Mahendrawan

    Benar-benar Sangat Membantu

    0
  • kuni (Admin)

    Dear Bapak/Ibu fransiscasetyaningsih34

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0
  • kuni (Admin)

    Dear Bapak/Ibu I Gede Setya Mahendrawan

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0
  • Asri Rahmawati

    Terima kasih sangat membantu

    0

Please sign in to leave a comment.