Akun belajar.id adalah akun yang terdiri atas nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Pendidik yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran termasuk Rapor Pendidikan. 

Akun belajar.id dapat didapatkan secara mandiri melalui laman belajar.id atau melalui Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di tempat Anda mengajar. 

Berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Akun belajar.id:

  1. Buka laman Belajar.id
  2. Pilih tipe Pengguna sesuai dengan pekerjaan atau fungsi Anda (pilih pendidik)

guru1.jpg

 

3. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda. Jika Anda lupa NPSN, Anda dapat klik tanda ‘Panah Bawah’ dan klik ‘Cek NPSN’. Kemudian Anda akan diarahkan ke laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek NPSN sesuai jenjang sekolah Anda saat ini. Lalu klik selanjutnya.

BELAJARID_3.jpg

4. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan  ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data yang ada di Dapodik, lalu klik ‘Selanjutnya’

 

3.jpg

 

5. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai dengan data yang terdapat di Dapodik, status Akun Anda akan muncul (sebagai aktif atau tidak aktif). 

 

11.jpg

 

6. Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif dapat menekan tombol ‘Cari Tahu Status Akun Anda’. Jika sudah aktif, namun Anda lupa password akun Anda. Lihat panduan selengkapnya dengan menekan tombol ‘Lupa Password’

 

4.jpg

 

Apabila Akun belajar.id Tidak Ditemukan

Apabila Akun Belajar.id Anda tidak ditemukan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah: 

  • Cek kembali data yang Anda masukkan di awal. Pastikan data Anda sesuai dengan yang terdapat di Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan. 
  • Jika data yang Anda masukkan sudah sesuai dengan data yang terdapat di Dapodik, namun Akun Belajar.id tetap tidak ditemukan. Maka Anda dapat menanyakan status akun Anda ke operator satuan pendidikan tempat Anda mengajar.
  • Jika Akun Belajar.id tetap tidak ditemukan, Anda dapat menghubungi helpdesk melalui tombol ‘Hubungi bantuan’ yang terdapat di laman belajar.id atau temukan panduan selengkapnya di laman berikut 
  • Untuk mencoba memasukkan kembali data pribadi Anda yang benar, Anda dapat menekan tombol ‘Kembali ke Beranda’.

 

Apabila Akun belajar.id Ditemukan dan Belum Aktif 

  1. Apabila Akun Belajar.id Anda sudah ditemukan namun belum aktif, Anda dapat klik tombol ‘Aktifkan Akun’ dan mohon tunggu perubahan status maksimal 3 hari setelah diaktivasi.

5.jpg

2. Pilih metode untuk detail Akun Belajar.id Anda dikirimkan ke ‘Email Pribadi’ atau ‘Nomor Pribadi’ Anda.

 

6.jpg

 

3. Jika memilih dikirimkan melalui email pribadi, masukkan email pribadi Anda. Lalu klik ‘Kirim detail akun’

 

7.jpg

 

4. Jika memilih dikirimkan melalui nomor pribadi, masukkan nomor pribadi Anda sesuai yang terdaftar di Dapodik. Lalu klik ‘Kirim detail akun’. Apabila nomor pribadi Anda tidak ditemukan, Silakan hubungi Operator Sekolah untuk melakukan perubahan nomor handphone.

 

8.jpg

 

5. Anda akan menerima email dan password akun belajar.id sesuai dengan metode yang dipilih. Mohon periksa email atau SMS Anda secara berkala.

 

9.jpg

 

Setelah berhasil mendapatkan detail Akun Belajar.id Anda, silakan melakukan aktivasi dengan mengikuti panduannya di sini.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
9235053046809

Komentar

2 comments

  • Sayu Ratna Yani

    Terima kasih atas informasi dan bimbingannya, hal itu sangat bermanfaat dan sangat baik. 

    0
  • kuni (Admin)

    Dear Bapak/Ibu Sekalian

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0

Please sign in to leave a comment.